obat

bingung ini first share mau share apaan. ya udah deh share mengenai obat aja deh.. karena hal yang paling deket ama farmasis kan obat tuh..

obat adalah setiap zat kimia (alami maupun sintetik) selain makanan yang mempunyai pengaruh terhadap atau dapat menimbulkan efek pada organisme hidup, baik efek psikologis, fisiologis, maupun biokimiawi.

obat dapat berasal dari :

Herbal, anorganik (sintesis), mineral, hewani,mikroorganisme,  rekayasa genetika, juga stem cell.

Obat itu erat kaitannya dengan racun. Sesuai dengan pernyataan dari Paracelcus : “All things are poison and nothing is without poison; only the dose makes a thing not a poison.”

jadi semua zat adalah racun.. yang membuat suatu zat menjadi obat adalah dosisnya.. kalo dosisnya tepat dia akan jadi obat kalo berlebihan akan jadi racun. Air putih pun akan jadi racun jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak.

nah selanjutnya kita bahas, apakah tujuan dari pengobatan itu.

secara garis besar tujuan pengobatan adalah :

  1. Diagnostik, => untuk mendeteksi suatu penyakit
  2. preventif, => untuk mencegah suatu penyakit
  3. kuratif, => untuk mengobati suatu penyakit
  4. rehabilitatif,=> untuk rehabilitasi
  5. promotif, => untuk promosi
  6. kontraseptif. => untuk kontrasepsi

jenis-jenis obat berdasarkan aktivitasnya (dapet dari pelajaran kimed)..

  1. analgetik, yang termasuk golongan ini adalah obat-obat pereda rasa nyeri, kayak parasetamol,dll. Rata-rata obat analgetik ini hanyalah mengurangi rasa sakit, bukan menyembuhkan penyakit.
  2. antihistamin, obat ini mengatasi alergi sampai tukak lambung.
  3. antihipertensi (meurunkan tekanan darah), antihipotensi(menaikkan tekanan darah)
  4. diuretik (melancarkan buang air kecil), antidiuretik(menghambat produksi air seni)
  5. hormon
  6. vitamin dan enzim
  7. antimikroba termasuk di dalamnya antibiotik, antivirus

cukup sekian dulu ahh.. udah capek mau ngetik lagi. ntar malem dilanjuti lg..

Tentang jejakfarmasis

Seorang pemuda yang punya banyak ambisi. Sedang berusaha memperbaiki sikap yang suka setengah-setengah dalam mengerjakan sesuatu. Sekarang tengah menempuh pendidikan S1 di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Baru mulai Blogging, jadi mohon kritik dan saran yang membangun.
Pos ini dipublikasikan di Kuliah dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s