prometheus

ini terakhir yang mau gw share malem ini.. soalnya udah gak tahan ni mata..

kenapa jadi pengen share tentang prometheus ya (gila ni tanya ama diri sendiri..), mungkin karena namanya mirip ama custom rom dari PSP tercinta gw..

 

langsung aja dah..

monggo disimak..

 

PROMETHEUS

Prometheus adalah salah satu titan yang selamat dari Titanomachy karena bergabung dengan kubu Zeus. Namanya berarti “Forethought” atau “Dipikirkan Sebelumnya”.. ini melambangkan ‘bakat’ yang ia miliki, Yakni kemampuan untuk melihat masa depan..

Setelah Titanomachy, Zeus dan para Olympians menguasai Bumi.. Namun semuanya sadar, bahwa bumi ini sendiri masih kosong.. Akhirnya para dewa memutuskan untuk mulai menciptakan makhluk-makhluk untuk tinggal di bumi.. Tugas ini diserahkan kepada Prometheus dan Epimetheus..

Para Dewa menugaskan mereka untuk menciptakan makhluk-makhluk sebagai penghuni bumi.. Zeus memberikan berbagai macam berkah kepada Prometheus untuk nantinya diberikan kepada makhluk-makhluk yang ia ciptakan..

Dengan senang hati tugas itu mulai dikerjakan.. Ia menciptakan banyak hewan dari tanah liat.. ketika ia menciptakan burung, ia memberikannya berkah untuk bisa terbang.. Ketika ia menciptakan ikan, ia memberikannya kemampuan untuk berenang.. banyak berkah lainnya diberikan pada masing-masing makhluk, seperti kecepatan, bulu, kekuatan, pendengaran yang kuat, penciuman, dan lainnya..

Makhluk terakhir yang ia ciptakan adalah, Manusia.. Ia menciptakan manusia berdasarkan bentuk para dewa.. Namun ketika ia hendak memberikan berkah, Epimetheus ternyata sudah menghabiskannya untuk makhluk-makhluk sebelumnya, hingga tidak ada lagi berkah yang tersisa..

Akhirnya, Prometheus pun memberikan manusia Keunggulan di atas semuanya, seni, adab, dan api..

Prometheus sangat mencintai manusia yang ia ciptakan sendiri dibandingkan para Olympians yang telah memenjarakan sebagian besar keluarganya ke dalam Tartarus.. Sehingga, ketika suatu hari Zeus meminta manusia untuk melakukan persembahan pada para dewa, Prometheus memilih untuk menipu Zeus..

Prometheus membuat dua buah tumpukan persembahan, yang satu adalah Daging segar di dalam kulit kerbau yang nampaknya tidak enak.. Yang satu lagi adalah tulang-tulang yang dilapisi lemak sehingga nampak lezat..

Prometheus mengatakan agar Zeus memilih salah satu sebagai persembahan dari manusia untuk para Dewa.. dan Zeus memilih tulang-tulang..
Akhirnya, manusia hanya mempersembahkan tulang-tulang yang tak berguna pada dewa, dan menyimpan bagian lainnya untuk dinikmati..

Zeus menyadari bahwa ia telah ditipu oleh Prometheus, hingga akhirnya ia memutuskan untuk menghukum manusia.. Zeus mengambil api dari muka bumi, sehingga manusia memang mendapatkan porsi yang baik dari hewan buruan, namun harus menikmatinya mentah-mentah..

Karena harus memakan makanan mentah, manusia pun mulai sakit-sakitan.. Prometheus yang sangat menyayangi manusia, tidak tega jika keadaan ini terus berlanjut, sementara para dewa dengan asyiknya menggunakan Api di Gunung Olympus..

Kemudian, Prometheus menyalakan sebuah obor menggunakan api dari matahari.. lalu berlari dan memberikan api itu kepada manusia..

Kejadian inilah yang mengilhami ritual “Lari Obor” di setiap olimpiade..

Zeus sangat marah melihat kejadian itu, dan memutuskan untuk memberikan hukuman yang berat kepada Manusia dan Prometheus..

Zeus memerintahkan Hephaestus, pandai besi para dewa, untuk menciptakan seorang gadis, wanita pertama yang keturunannya nantinya akan membawa petaka bagi ras pria.. Kemudian semua dewa memberikannya berkah.. Athena memberikannya kemampuan untuk menjahit, dan menenun.. Aphrodite memberikannya kecantikan.. Hermes memberikannya kemampuan untuk berbohong dan kelihaian berbahasa.. Dewa-dewa olympian lainnya juga turut memberikannya berkah.. Suara yang indah, rasa menyayangi, dan lainnya.. lalu Hermes memberinya nama “PANDORA” yang artinya “Berkah dari Semua” karena seluruh Olympian memberikannya berkah..

Zeus memberikannya dua hadiah.. yang pertama adalah rasa ingin tahu yang besar.. yang kedua adalah sebuah kotak.. Zeus berpesan pada pandora bahwa hadiah yang terakhir ini, hanya berharga selama masih berada di dalam kotak..
Kemudian, Hermes mengantarkannya kepada Epimetheus yang saat itu sedang tinggal bersama manusia, sebagai hadiah..

Prometheus mengetahui hal ini dan telah memberitahukan kepada saudaranya, Epimetheus, untuk tidak menerima hadiah apapun yang diberikan oleh Zeus.. Namun Pandora terlalu cantik untuk ditolak, sehingga Epimetheus pun menerimanya…

Tahun berlalu, hingga suatu hari, Pandora tidak mampu lagi menahan keingintahuannya dan membuka Kotak yang diberikan Zeus.. Maka terlepaslah dari kotak itu, semua kejahatan dan penyakit yang akan membawa bencana bagi manusia.. Pandora panik, dan langsung menutup kotak itu, namun yang tersisa di dasar kotak hanyalah satu, yakni “Harapan”..

Sementara itu, Zeus juga memberikan hukuman pada Prometheus..

Ia memerintahkan agar Prometheus dibawa ke gunung Caucasian untuk dirantai dan setiap hari hatinya akan dimakan oleh elang raksasa, untuk kemudian tumbuh lagi di malam hari..

Zeus menawarkan kebebasan bagi prometheus, yakni dengan cara memberi tahu wanita mana yang akan melahirkan anak yang nantinya akan menjatuhkan Zeus.. Namun Prometheus menolak..

Hingga kemudian, satu-satunya cara untuk membebaskan Prometheus adalah, jika ada satu orang Immortal yang bersedia mati untuknya, dan seorang manusia (mortal) membunuh elang yang memakan hatinya, dan melepaskannya dari rantai..

Pada akhirnya, Chiron seorang Centaur yang Immortal bersedia mati untuknya.. Dan Heracles (Hercules) yang masih mortal, membunuh elang yang menggerogoti hatinya, lalu melepaskan Prometheus..

 

sekian dulu buat hari ini..

gw mau istirahat dulu.

good night world

Tentang jejakfarmasis

Seorang pemuda yang punya banyak ambisi. Sedang berusaha memperbaiki sikap yang suka setengah-setengah dalam mengerjakan sesuatu. Sekarang tengah menempuh pendidikan S1 di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Baru mulai Blogging, jadi mohon kritik dan saran yang membangun.
Pos ini dipublikasikan di Hobi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s