spektrometri infra merah

ini blog emang ga jelas banget kali ya, isinya campur2 kaya gado-gado gitu. wajarlah namanya juga baru belajar buat blog. tanpa konsep. tanpa ada niatan untuk mengejar statistik blog..

kali ini mau share mengenai mata kuliah tadi pagi..

ya tentang spektrometri infrared..

tadi kuliahnya jam 9 tapi masih juga telat, makan dulu sih (malah curcol lagi)

kegiatan kuliah tadi diawali dengan nonton video, bukan video bokep tapi (haha lucu)..

kemudian dosennya tanya apa itu spektroskopi?

udah berharap gak bakal ditunjuk, alhamdulillah emang gak ditujuk juga sih, tapi sebenernya tau sih jawabannya

spektroskopi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara radiasi elektromagnetik dengan materi

kemudian spektrometri adalah metode analisis berdasarkan pada pengukuran spektra.

jadi spektrometri infra merah adalah metode analisis berdasarkan pada pengukuran spektra infra merah.

apa sih infra merah itu? hmm apa ya..

infra merah adalah radiasi elekromagnetik yang memiliki panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak namun lebih pendek dari gelombang radio.

nih aku kasih pengelompokan radiasi elektromagnetik berdasarkan panjang gelombangnya

Jenis Panjang gelombang Interaksi Bilangan gelombang
Sinar gamma < 10 nm Emisi Inti
sinar-X 0,01 – 100 A Ionisasi Atomik
Ultra ungu (UV) jauh 10-200 nm Transisi Elektronik
Ultra ungu (UV) dekat 200-400 nm Transisi Elektronik
sinar tampak (spektrum optik) 400-750 nm Transisi Elektronik 25.000 – 13.000 cm-1
Inframerah dekat 0,75 – 2,5 µm Interaksi Ikatan 13.000 – 4.000 cm-1
Inframerah pertengahan 2,5 – 50 µm Interaksi Ikatan 4.000 – 200 cm-1
Inframerah jauh 50 – 1.000 µm Interaksi Ikatan 200 – 10 cm-1
Gelombang mikro 0,1 – 100 cm serapan inti 10 – 0,01 cm-1
Gelombang radio 1 – 1.000 meter Serapan Inti

Dari pembagian daerah spektrum elektromagnetik tersebut di atas, daerah panjang gelombang yang digunakan pada alat spektroskopi inframerah adalah pada daerah inframerah pertengahan, yaitu pada panjang gelombang 2,5 – 50 µm atau pada bilangan gelombang 4.000 – 200 cm-1 . Daerah tersebut adalah cocok untuk perubahan energi vibrasi dalam molekul. Daerah inframerah yang jauh (400-10cm-1, berguna untuk molekul yang mengandung atom berat, seperti senyawa anorganik tetapi lebih memerlukan teknik khusus percobaan.

Metode Spektroskopi inframerah ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi suatu senyawa yang belum diketahui,karena spektrum yang dihasilkan spesifik untuk senyawa tersebut. Metode ini banyak digunakan karena:

  • a. Cepat (karena di sini gak perlu ribet preparasi sampel, sampelnya gak perlu dibuat jadi larutan) dan relatif murah
  • b. Dapat digunakan untuk mengidentifikasi dalam molekul (Tabel 2). jadi nanti kalo kita deteksi puncaknya ada banyak gitu, tergantung berapa jumlah gugus fungsionalnya
  • c. Spektrum inframerah yang dihasilkan oleh suatu senyawa adalah khas dan oleh karena itu dapat menyajikan sebuah fingerprint (sidik jari) untuk senyawa tersebut. Untuk membedakan senyawa satu dengan yang lain paling mudah diliat puncaknya ada berapa, tapi kalo puncaknya sama diliat intensitasnya

Tabel 2. Serapan Khas Beberapa Gugus fungsi

Gugus Jenis Senyawa Daerah Serapan (cm-1)
C-H alkana 2850-2960, 1350-1470
C-H alkena 3020-3080, 675-870
C-H aromatik 3000-3100, 675-870
C-H alkuna 3300
C=C alkena 1640-1680
C=C aromatik (cincin) 1500-1600
C-O alkohol, eter, asam karboksilat,ester 1080-1300
C=O aldehida ,keton, asam karboksilat, ester 1690-1760
O-H alkohol, fenol(monomer) 3610-3640
O-H alkohol, fenol (ikatan H) 2000-3600 (lebar)
O-H asam karboksilat 3000-3600 (lebar)
N-H amina 3310-3500
C-N amina 1180-1360
-NO2 nitro 1515-1560, 1345-1385

Jenis Vibrasi Molekul

Ada dua jenis vibrasi yaitu:

  • 1. Vibrasi ulur (Stretching Vibration), yaitu vibrasi yang mengakibatkan perubahan panjang ikatan suatu ikatan, vibrasi yang ini membutuhkan energi yang lebih besar. dibagi menjadi 2, yaitu yang simetris Symmetrical stretching.gif dan anti simetris Asymmetrical stretching.gif
  • 2. Vibrasi tekuk (Bending Vibrations), yaitu vibrasi yang mengakibatkan perubahan sudut ikatan antara dua ikatan, vibrasi yang ini membutuhkan energi yang lebih kecil, karena ada bantuan dari gaya gravitasi

Vibrasi tekuk itu sendiri dibagi lagi menjadi empat:

  • 1. Scissoring Scissoring.gif
  • 2. Rocking Modo rotacao.gif
  • 3. Wagging Wagging.gif
  • 4. Twisting Twisting.gif
 simetris  antisimetris scissoring rocking wagging twisting
dua-duanya menarik satu narik, satu mendorong gerakan menggunting sama arah tekukannya (sejajar) sama arah tekukannya (tegak lurus) gerakan memutar

Jumlah jenis vibrasi normal, diperlukan 3 koordinat untuk menentukan satu posisi dalam ruang. Untuk N titik (atau N atom) dihasilkan 3N derajat kebebasan. Pergerakan molekul melibatkan : translasi, rotasi, dan vibrasi. Vibrasi untuk Molekul tak linier adalah

  • 1. Perlu 3 derajat kebebasan untuk translasi
  • 2. Perlu 3 derajat kebebasan untuk rotasi

Jadi tersisa (3N – 6) kemungkinan jenis vibrasi

Vibrasi untuk Molekul linier

  • 1. Perlu 3 derajat kebebasan untuk translasi
  • 2. Perlu 2 derajat kebebasan untuk rotasi (rotasi pada sumbu ikatan tak mungkin)

Jadi tersisa (3N – 5) kemungkinan jenis vibrasi

Contoh : Tentukan vibrasi untuk molekul CO2 Jawab karena CO2 termasuk molekul linier maka vibrasi molekul CO2 adalah 3 (3)- 5 = 4 jenis vibrasi

buat analisis entar pake rumusnya si hooke tentang pegas

\nu = \frac{1}{2 \pi} \sqrt{\frac{k}{\mu}}
\mu = \frac{m_A m_B}{m_A + m_B}

sekian yang gw dapet dari kuliah tadi pagi.. kayaknya sih itu aja soalnya kecampur ama gw ngantuk sih tadi..

bye

Tentang jejakfarmasis

Seorang pemuda yang punya banyak ambisi. Sedang berusaha memperbaiki sikap yang suka setengah-setengah dalam mengerjakan sesuatu. Sekarang tengah menempuh pendidikan S1 di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Baru mulai Blogging, jadi mohon kritik dan saran yang membangun.
Pos ini dipublikasikan di Kuliah dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s