teori penciptaan menurut mitologi yunani

ini malem tampaknya mulai kumat lg demam baca mitologi, walaupun mata udah lengket tapi otak masih pengen aja baca..

tadinya sih masih mau share materi kuliah lg maksudnya sekalian belajar gitu. tapi berhubung otak ini udh mulai menolak untuk dimasuki hal-hal yang berat, akhirnya baca aja baca-bacaan yang ringan..

 

oke langsung aja nih ane share mengenai asal mula alam semesta ini menurut mitologi yunani..

 

PROSES PENCIPTAAN DUNIA

Menurut Mitologi Yunani, pada awalnya hanya ada Chaos atau kekacauan dan kehampaan.. Lalu dari kehampaan itu tiba-tiba muncullah Nyx (malam) dan Erebus, tempat tak dikenal yang ditinggali oleh kematian.. Semuanya kosong, sunyi, tak berakhir, dan gelap..

Lalu dari Chaos, muncullah Love (rasa cinta) yang memulai timbulnya keteraturan.. Dari cinta, lahirlah Cahaya dan Siang.. Setelah itu, Gaea (Bumi) tercipta..

Kemudian, Erebus bersama Nyx, melahirkan Ether (heavenly light) dan Day (Earthly Light).. Selain itu, Nyx sendiri juga menciptakan Doom, Fate, Death, Sleep, Dream, Nemesis, dan banyak hal lainnya yang mendatangi manusia dari kegelapan..

Sementara itu, Gaea melahirkan Uranus (langit).. Kemudian Uranus menjadi pasangan Gaea, menyelimutinya di seluruh sisi tubuhnya.. Bersama-sama mereka melahirkan tiga Cyclopes, Hecatoncheires (Raksasa berkepala 50 dan bertangan seratus), dan duabelas Titan..

Namun ternyata, Uranus adalah seorang suami dan ayah yang jahat.. Ia membenci Hecatoncheires dan mengurung mereka dengan menekan mereka ke tempat tersembunyi di bumi, Rahim Gaea.. Hal itu membuat Gaea marah dan mulai merencanakan perlawanan terhadap suaminya.. Gaea membuat sebuah senjata tajam dari batu dan menyuruh anak-anaknya keduabelas Titan, untuk menyerang Uranus.. Namun mereka terlalu takut terhadap Uranus dan tidak berani melakukannya, kecuali Titan yang paling muda, Cronus..

Gaea dan Cronus pun menyiapkan suatu jebakan untuk Uranus.. Di malam hari, ketika Uranus sedang tidur dengan Gaea, Cronus datang dan mengebiri Uranus, dan melempar potongan genital Uranus ke lautan.. Dari darahnya, muncul para Giants, Ash Tree Nymphs, dan Erinnyes.. dari busa di lautan yg ditimbulkan oleh genitalnya, lahirlah Aphrodite..

Cronus pun menjadi penguasa selanjutnya.. Ia memenjarakan Cyclopes dan Hecatoncheires ke dalam Tartarus.. Ia juga menikahi saudaranya, Rhea

NAMUUN!! Sebagaimana Uranus, Cronus juga diramalkan akan dijatuhkan dari tahtanya oleh anaknya.. Untuk mencegah hal itu terjadi, Ia menelan setiap anaknya yang baru lahir..

Rhea tidak rela akan hal ini, maka dari itu, ketika anaknya yang ke enam lahir, ia menyembunyikannya dan menitipkannya pada para Nymph untuk dibesarkan.. Kemudian ia membungkus sebuah batu dengan kain bayi untuk diberikan kepada Cronus, yang kemudian menelannya..

Bayi ke enam tersebut adalah Zeus..

Zeus tumbuh besar di daerah Crete.. Ia bertanya pada seorang Titan yang bernama Metis tentang cara untuk mengalahkan Cronus.. Metis pun menyiapkan suatu minuman yang akan membuat Cronus memuntahkan saudara-saudarinya yg telah ditelan oleh ayahnya..

sementara itu, Rhea merayu Cronus agar memperbolehkan anaknya untuk kembali sebagai pembawa gelas bagi Cronus..

dan Cronus pun menyetujuinya..

Dengan demikian, Zeus memiliki kesempatan untuk memberikan minuman yg dibuat Metis kepada Cronus..

Setelah Cronus Meminum cairan itu.. Maka Ia mulai memuntahkan anak-anaknya yang dulu pernah ia telan, satu per satu.. Hestia, Demeter, Hera, Hades dan Poseidon.. Karena kelimanya adalah dewa, maka mereka Immortal dan tidak terluka samasekali.. Sebagai rasa terimakasih, mereka pun mengangkat Zeus sebagai pimpinan mereka..

Namun Cronus belum kalah, Ia mengajak para Titan untuk maju menyerang Zeus dan saudara-saudaranya.. Seluruh titan ikut serta, bahkan Atlas mengajukan diri untuk memimpin peperangan, peperangan yang dikenal dengan TITANOMACHY atau War of The Titans.. Tapi ada seorang Titan yang memiliki kemampuan untuk melihat masa depan.. Namanya adalah Prometheus.. Ia telah mengetahui akhir dari peperangan ini, dan itu adalah kemenangan bagi Zeus.. maka dari itu, Ia mengajak saudaranya, Epimetheus, untuk bergabung dengan pihak Zeus..

Selain itu, Zeus juga pergi ke Tartarus dan membebaskan Cyclopes serta Hecatoncheires.. Sebagai rasa terima kasih, Cyclopes memberikan Petir kepada Zeus, Trisula kepada Poseidon, dan Helmet of Invisibility kepada Hades.. dan Hecatoncheires ikut serta menjadi pasukan Zeus..

Perang pun terjadi.. Hecatoncheires melemparkan ribuan batu-batu besar kepada para Titan.. Karena banyaknya batuan itu, para titan mengira sebuah gunung sedang dilemparkan ke arah mereka.. dan dengan serangan dari Zeus dan para dewa lainnya, akhirnya para Titan yang melawan Zeus dapat dikalahkan dan dipenjarakan di Tartarus.. Kecuali Atlas yang diberikan tugas “khusus” oleh Zeus yakni untuk menopang langit di pundaknya..

Demikianlah, Zeus akhirnya membagi daerah kekuasaan dengan undian bersama ketiga saudaranya.. Zeus mendapatkan Langit, Poseidon mendapatkan samudra, sedangkan Hades mendapatkan Underworld, dunia bawah tempat roh orang mati tinggal..

Bersama-sama Zeus, saudara-saudarinya, ditambah anak dari Zeus, Membentuk 12 Olympians yang memerintah dunia dan tinggal di Puncak Gunung Olympus..

diambil dari bebagai macam sumber..

Tentang jejakfarmasis

Seorang pemuda yang punya banyak ambisi. Sedang berusaha memperbaiki sikap yang suka setengah-setengah dalam mengerjakan sesuatu. Sekarang tengah menempuh pendidikan S1 di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Baru mulai Blogging, jadi mohon kritik dan saran yang membangun.
Pos ini dipublikasikan di Hobi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s